Teknik Lari jarak menengah

Spread the love

Teknik Lari Jarak Menengah

Pengertian

teknik lari jarak menengahTeknik Lari jarak menengah  merupakan salah satu cabang olahraga atletik pada nomor lari, dengan jarak tempuh 800 meter, diawali dengan start gaya jongkok sedangkan 1500 meter diawali dengan start berdiri.

Pada olahraga ini pada nomor lari 800 meter setiap atlet pelari memulai lari pada lintasannya masing–masing. Ketika melewati tikunngan pertama peserta bisa memasukan lintasan yang pertama (lintasan lebih dekat dengan tikungan) sekiranya menguntungkan pelari..

Pada gerakan teknik lari jarak menengah  pada jarak lari 800 meter maupun 1500 meter berbeda dengan gerakan teknik lari jarak pendek, perbedaannya terletak pada kaki ujung bagian tumit. Dan menolak menggunakan ujung kaki. Pada olahraga atletik lari ini menggunakan start berdiri.

gerakan lari dilakukan dengan wajar, kaki diayunkan ke arah depan  dengan langkah panjang tidak terlalu dipaksakan keculi jelang memasuki finish.

Baca Juga :

Teknik Lari Gawang

Teknik Lari Jarak Jauh

Hal yang perlu diperhatikan dalam lari jarak menengah

  • Posisi Tubuh selalu dalam ke addaan rileks jangan tegang atupun kaku. Berbeda dengan lari jarak pendek dalam ayunan lari jarak pendek.
  • posisi Badan agak sedikit condong ke arah depan sikiranya 15 derajat dari posisi tegak.
  • Ayunan Tangan dan kaki haruslah terkoordinasi dan selaras dengan kaki dalam mengayun ke depan maupun kebelakang. pada panjang langkah kaki tetap dan dalam ayunan paha ke arah depan panjangnya langkah kaki harus berbanding lurus dengan panjangnya tungkai. Mengangkat lutut yang cukup tinggi tetapi tidak setinggi dalam lari jarak pendek.

Teknik start

Dalam lari jarak menengah start mengunakan start berdiri :

  • Pada aba – aba bersedia posisi badan siap berdiri di belakang garis start denagn yakin tanpa ragu – ragu meju melangkah kedepan
  • Pada aba – aba siap ambil siakp untuk siap berlari dengan menaruh kaki terkuat didepan sebagai tolakan dan kaki lemah berada dibelakang. Yang perlu diperhatikan jangan sampai menginjak garis start posisi badan agak miring / condong
  • Pada aba – aba ya mulai berlari, perhatikan berbeda dengan lari sprint penggunaan awal kecepatan berlari bukan kecepatan maxsimal melainkan setengah atau sepertiga dari kecepatan maxsimal.

Teknik  Gerakan

Pada tekik lari jarak jarak menengah posisi badan dan kepala tidak begitu condong, sikap padan seperti orang berlari seperti biasanya. Ayunan tanggan berfungsi sebagi penyeimmbang gerakan kaki, ayunan lengan yang baik  membentuk sudut sekitar 100 derajat  hingga 110 derajat.

Pada saat menggerakkan kaki bagian bawah arahnya harus dari belakang ke arah depan  tidak boleh terlalu tinggi dan yang perlu diingat mengayunkan lutut kea rah depan tidak melebihi pinggang tidak seperti lari jarak pendek. Bagian Kaki pada saat mendarat yaitu tumit sedangan yang digunakan utuk menolak yaitu pada bagian ujung kaki.

Teknik Lari Jarak Menengah Saat Melewati Tikungan:

Pada saat melewti tikungan usahakan untuk berlari sedekat mungkin dengan garis tepi bagian kiri posisi kepala dan bahu miring atau condong  ke arah kiri pada bagian lengan diusahaan tangan kanan memilki sudut yang lebih besar dari pada lengan bagian kiri.

Teknik Lari Jarak Menengah Gerakan Memasuki Garis Finish

Cara melewati garis finish

Pada saat memasuki garis finish terus berlari tanpa merubah sikap larinya posisi dada maju ke depan posisi tanggan ke belakang dengan posisi lurus. Dada diputar ke salah satu sisi bagian kanan maupun kiri dengan salah satu pundak maju ke arah depan. Posisi kepala ditundukkan tangan diayunkan ke arah belakang.

Baca Juga :

Teknik Lari Jarak Pendek

Teknik Jalan Cepat

Hal Yang Harus Diperhatikan Teknik Lari Jarak Menengah Pada Saat Finish

Frekuensi langkah kaki lebih dipercepat dan lebih diperlebar lagi ketika memasuki dalam garis finish jangan melompat. lari lah seperti biasa. Jangan sampai meraih pita menggunakan tanggan.

Konsentrasi pusatkan pada garis finish setelah melewati garis finish jangan berhenti tetapi kecepatan langkah mulai diperlambat.dan yang tidak kalah pentingnya pula yaitu unsur dari kebugaran jasmani yang prima teruma dari endurance  daya tahan tubuh dalam melakukan olahraga atletik ini .

Teknik Lari Jarak Menengah – Peraturan Perlombaan

Garis selebar 5 centimeter sebagai penanda garis start dan garis finish. Jarak tempuh dihitung dari garis start hingga garis finish.

“Bersedia – siap – ya” digunakan sebagai aba aba dalam lari jarak menegah. Di peringati sebanyak 3 kali aba bila peserta melakukan kesalahan dalam meakukan start

Teknik Lari jarak menengah – Peserta Bisa di diskualifikasi Apa Bila :

pada saat melakukan start melakukan kesalahan sebanyak 3 (tiga) kali, keluar dari lintasanya atau masuk kedalam lintasan pelari lain, dan juga seorang atet terbukti menggunakan doping atau obat peraangsang.

Juri Lomba Lari 

Juri atau petugas dalam olahraga atletik ini mempunyai tugas yang berbeda diantara satu dan yang lainnya diantaranya sebagai berikut :

  • Starter adalah petugas yang memberi aba – aba untuk berlari
  • Recall Starter adalah petugas mengabsen dan mengecek para atet.
  • Timer adalah petugas pencatat waktu dalam perlombaan
  • Pengawas lintasan mempunyi tugas mengawasi atlet ababila melakukan pelanggaran dan kesalahan pada saat berlari
  • Juri kedatangan bertugas sebagai pencatat atlet yang finish pertama hingga atlet yang finish terakhir dan juga menentukan rengking dalam urutan perlombaan
  • Juri pencatat hasil bertugas mencatat hasil pasca atletik memasuki garis finish

terimakasih sudah membaca artikel dari mangruri.com semoga bisa artikel ini bermanfaat bagi semuanya apabila ada kesalahan dalam penulisan kami team mangruri.com meminta maaf yang sebesar besarnya silahkan isi form di bawah ini apa bila ada pertanyaan saran maupu keritik, terimakasih.