Teknik Tolak Peluru

Spread the love

Teknik Tolak Peluru

Teknik tolak peluru merupakan cabang olahraga atletik yang di mana menggunakan besi yang berbentuk bola, ukuran dan beratnya disesuaikan dan sudah diatur sedemkian rupa, bola besi itu bisa disebut sebagai pelurunya. Atlit harus menolak bola besi itu dengan jarak sejauh mungkin.

Di dalam teknik tolak peluru terdapat berbagai gaya yaitu gaya membelakaingi atau menyamping.

Berdasarkan ukuran peluru beratnya bola besi ini dibagi bebrapa kelas yaitu :

Bagi senior Putra : 7,257 kilogram

Bagi Senior Putri : 4 kilogram

Bagi Junior Putra : 5 kilogram

Bagi Junior Putri : 3 kilogram

UKURAN LAPANGAN – TEKNIK TOLAK PELURU

Untuk lingkaran lapangannya terbuat dari besi untuk lengkungannya sendiri. Tanah bagian permukaan harus rata dengan terbuat dari aspal aspal semen dll asalkan tidak licin, bagi atlit dalam melakukan tumpuan tolakan.

Di dalam permukan di dalam lingkaran tolakan harus lebih rendah sedikit antara 20 mili meter hingga 6 mili meter Untuk tebal garisnya sendiri 5 centimeter dan panjang garis yang menjulur 0.75 meter yang terdapat pada sisinya .

Diameter lingkarannya sendiri yaitu  2.135 meter .Tebal besi lingkaran minimal 6 mili meter.Bahan kayu digunakan dalam membuat balok penahan agar sesuai dengan lengkungan,lebar balok memiliki ukuran 11,2 sampai 30 centimeter, panjang 1,21 sampai 1,23 centimeter, dan tebalnya 9,8 sampai 10,2 centimeter.

CARA MEMEGANG PELURU

Hasil yang maksimal dalam melakukan gerkan teknik tolak peluru berawal dari bagaimana seorang atlit memegang peluru, dalam memegang peluru harus lah benar , cara memegang peluru yang baik yaitu :

  • Peluru diletakkan di tanggan kemudian dipegang oleh seluruh jari-jari.
  • Titik Berat Peluru diletakkan pada jari-jari kecuali ibu jari sebagi penahan di samping dan jari kelingking sebagai menahan peluru.

CARA MELETAKKAN PELURU

Pada saat peluru sudah dipegang dengan baik dan benar, Hal yang pertama dilakukan peluru dipegang dan diletakkan dibahu dan ditempelkan pada dagu atau rahang, siku dibuka untuk persiapan tolakan dengan sudut kurang lebih sekitar  90 derajat. pada tangan yang tidak memegang peluru dalam keadaan rileks.

CARA MENOLAK PELURU

1.  Persiapan

Sikap awal yang dilakukan seorang atlit adalah membelakangi arah dari tolakan sedangkan berat badan pada bukan kaki bagian yang terkuat karna kaki terkuat akan digunakan sebagai tolakan.bagian tumit kaki dianggkat pada saat badan rendah.kaki bagian belakang dinaikan dan sedikit ditekuk ke belakang kearah atas, setelah itu kaki kearah bawah ke kaki lainya, kedua kaki ditekuk badan turun ke bawah.

Artikel Lain :

Teknik Jalan Cepat

Lari Jarak Pendek

2. Gerakan

Tahap meluncur ini terlebih dahulu,  gerakan seperti duduk tetapi gerakannya harus cepat dan kuat kemudian kaki bagian kanan diluruskan, dan mendorong ke arah bagian belakang sekuat mungkin dengan tumpuan dasar balok tolakan penahan.

artikel lain :

Teknik Lari Gawang

Teknik Lari Jarak Jauh

Kaki terkuat dilepas kemudian digeser dan diputar kearah melawan jarum jam kalau seorang atlit kidal berarti searah jarum jam kemudian ditarik secepatnya kebawah, badan berada di tengah lingkaran kakai kiri hamper berbarengan dengan tiba ditengah berdekatan degan balok tolakan sebelah kiri arahnya emparan peluru, kedua kaki mendarat di atas telapaknya, sedangkan posisi badan condong kearah belakang, dengan keadan membengkok sedangkan berat badan pada tumpuan kaki terkuat.

3. Akhir

Untuk tahap akhir di awali dengan memutarkan kaki kiri dan lutut kekanan dan ke arah atas sedangkan berat badan terletak di kedua kaki dengan beban yang sama,bahu kiri menghadap depan membuka kokoh dan diam pada saat bahu kanan berputar dan naik ke arah lemparan, tubuh membentuk sedikit lengkung disebabkan gerakan kaki yang lebih kuat mengawalinya.

GAYA DAN JENIS TOLAKAN

Ada beberapa gaya dalam teknik tolak peluru, terdpaat dua gaya yaitu gaya ortodoks dan gaya Obrien. disini saya akan coba menjelaskan dari kedua jenis gaya tersebut.

Gaya yang sering digunakan dalam olahraga ini adalah gaya ortodoks atau gaya lama dan gaya obrien gaya baru Kalau ada yang menemukan gaya lain itu merupakan variasi pengembangan dari kedua gaya tersebut. Prinsip dari teknik tolak peluru menolak peluru sejauh mungkin untuk menghasilkan hasil yang optimal.

Dalam cabang olahraga atletik ini terdapat dua gaya yaitu :

Gaya Dalam Teknik tolak peluru

Gaya ortodoks (gaya menyamping)

teknik tolak peluru gaya o brain meyamping gaya ortodoks yaitu sebuah gaya dalam teknik tolak peluru yang dilakukan secara menyamping tidak membelakangi area lemparan tetapi tubuh menyamping pada area lempran. Artinya jika seorang atlit melakukan tolakan mengunakan tangan kanan maka arah tolakan berada di sebelah kiri begitu sebaliknya. biasanya gaya ini dilakukan oleh seorang pemula seperti pelajar smp hingga sma.

gaya obrain (gaya belakang)

gaya tolak peluru ortodok membelakangigaya obrain murupakan gaya dalam teknik tolak peluru dilakukan dengan membelakangi area lemparan. sikap awalan yang harus diambil yaitu membelakangi area tolakan. gaya obrain  Biasanya digunakan oleh senior atau professional.

Hal Yang Disarankan

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan gerakan cabang atletik ini agar lebih maxsimal :

  • Keseimbangan gerak dari kedua kaki, kaki kiri sebagai lider pemimpin dibelakang.
  • Pada saat tubuh bagian badan bergerak Badan bagian atas rileks.
  • Kaki kiri direndahkan dan membuat gerakan yang sistematis.
  • Kaki kanan diputar ke arah lemparan ketika melakukan gerakan luncuran
  • Pinggang kiri dipertahankan dan pundak menghadap kearah belakang
  • Posisi tangan kiri mendekati tubuh.
  • Pasca melakukan lemparan tahan dengan kuat menggunakan tungkai kaki kiri

 

Kesalahan kesalahan yang sering dilakukan yaitu sebagai berikut :

  • Keadaan tubuh tidak seimbang belance kaki bagian kanan melakukan lompatan.
  • Kaki bagian kanan tidak ditarik ke bawah tubuh.
  • Kaki kanan menghadap ke arah baian belakang ketika mendarat.
  • Gerakan tidak linier terlalu ke sebelah kiri.
  • Badan terlalu cepat melakukan gerakan.

Terimakasih sudah baca artikel teknik tolak peluru di situs mangruri.com semoga bermanfaat jagan lupa indahnya berbagi kepada teman temab anda semua shere via media sosial baik itu facebook twetter instagram paths dan lain – lain apabila ada kritik dan saran isi form dibawah ini. trimakasih semoga hari anda penuh dengan semangat dan menyenangkan.

artikel lain :

Teknik Lempar Cakram         teknik lari jarak menengah        Teknik Lompat Jauh

cabang olahraga atletik         4 Gaya Lompat Tinggi