TEKNIK LOMPAT JAUH

Spread the love

TEKNIK LOMPAT JAUH

Pengertian

Teknik lompat jauh iyalah salah satu cabang atletik dengan nomor lompat, dalam cabang olahraga atletik ini termasuk olahraga populer yang sering diperlombakan ditingkat oliympiade. Pengertian teknik ini sendiri yaitu gerakan melompat melayang di udara dengan cepat dengan diawali tolakan menggunakan salah satu  kaki terkuat  ke arah depan guna menempuh jarak lompatan sejauh mungkin.

Teknik ini memiiki tujuan dan sasaran yang diharapkan tujuan dan sasarannya apa lompatan sejauh jauhnya ke tempat pendaratan yang biasanya memiliki bak lompat berupa pasir agar tidak menimbulkan cidra ketika mendarat. Cara menilai hasil lompatan jarak jauh dengan cara menghitung dari papan tolakan hingga posisi jatuhnya tubuh yang di hasilkan dari lompatan.

Tahapan Tahapan Gerakan

Dalam gerakan teknik lompat jauh dibagi menjadi 4 yaitu : gerakan awalan  ( Aproach ), gerakan menumpu (take off), gerakan melayang ( flight ), dan gerakan mendarat ( landing ) masing – masing tahapan memiliki peran penting dalam pelaksanaan teknik ini.

Teknik Awalan (Approach)

Awalan dalam teknik teknik lompat jauh adalah lari secepat cepatnya hinga mencapai kecepatan yang maxsimal sebelum melaksanakan tolakan. Gerakan awlan atau Approach dilakukan sebagai usaha mendapatkan kecepatan horizontal secara maxsimal yang kemudian dikonversikan menjadi kecepatan gerak vertikal ketika melaksanakan tolakan.

Jarak tempuh awalanpun masing masing orang berbeda-beda tergantung dari kemampuan dari orang tersebut untuk mengubah kecepatan horizontal menuju kecepatan vertical dalam waktu tertentu.

Dalam sebuah lintasan teknik awalan apparoach dilakukan dengan cepat dan semaxsimal mungkin dengan jarak 40 hingga 45 meter

Hal – hal yang harus di perhatikan dalam melakukan gerakan awalan dalam teknik ini :

  • Pengambian jarak ancang ancang bagi atlet berbeda – beda tergantung kemampuan atlet tersebut. Ada atlet yang hanya jarak pendek sekitar 30 sampai 35 meter bahkan kurang dari itu, sudah bisa menghasilkan kecepatan maksimal.atlet yang mengambil jarak awaln jauh biasanya sekitar 30 hingga 45 meter bahkan lebih.
  • Keadaan tubuh pada saat di titik awal keaadaan kaki sejajar atau salah satu kaki terkuat berada didepan sebagai tolakan. Untuk lari dalam awlan bertahap dari lari perlahan hingga mencapai top speed kecepatan maksimal seorang atlit. Kecepatan lari maxsimal ini harus bertahan sampai atlit itu melakukan tolakan.
  • Setelah seorang atlet berlari mencapai top speed kecepatan maxsimal kira – kira 3 hinga 4 langkah terakhir memulai take off langsung melakukan tolakan secara sepontan mengubah kecepatan horizontal menjadi vertical. Pada keadan ini harus focus pada kekuatan otot tungkai sebagi tumpuan dan power otot.

Teknik Menumpu (Takeoff)

Teknik menumpu dilakukan di atas papan tolakan, jika take off melebihai papan tolakan bisa dikatan gagal, take off merupakan hal yang penting guna menghasilkan lompatan yang maxsimal dalam tahapan pelaksanaan teknik lompat jauh, tumpuan menggunakan kaki yang dianggap terkuat agar tolakan lebih maxsimal dan sesuai yang diharapkan

Ketika melakukan tumpuan (take off) keadaan badan tidak boleh condong ke depan maupun belakakang tumpuan  aktif cepat dan kuat. Ayunan tangan member kontribusi juga dalam menambah keseimbangan tubuh dan ketinggian lompatan.

Hal hal yang harus diperhatikan dalam tolakan kaki pada saat take off

  • Kaki terkuat lah yang digunakan dalam melakukan tolakan
  • Bagian perkenaan telapak kaki dan menolak pada saat take off dimulai dari tumit hingga diakhiri ujung jari.
  • Sebelum melakukan take off  badan condong ke belakang
  • Lebih baik take off bertumpu pada papan tumpuan jangan mengurangai atau lebih pada papan tumpuan.
  • Kedua tanggan diayunkan ke arah depan atas ketika menumpu
  • Kaki diangkat dan diayunkan ke depan hinngga setinggi pinggul dan lutut dalam keadaan ditekuk.

Teknik Melayang (Flight)

Setelah melakukan take off dalam teknik lompat jauh dilanjutkan dengan teknik melayang, pada saat flight gerakan melayang badan harus teteap belance dengan di bantu kedua ayunan lengan.

Dalam teknik ini pada saat melayang terdapat tiga macam gaya lompat jauh yaitu gaya jongkok, menggantung dan berjalan di udara :

Dengan Gaya Jongkok (Gaya Orthodok)

lompat jauh gaya jongkokPada gaya jongkok pada saat take off kedua lutut diangkat tinggi dengan cara ditekuk posisi kedua tangan berada di samping kepala,jika akan mendarat tanggan dan kaki diluruskan titik berat badan berada di depan.

Dengan Gaya Mengantung (Gaya Schnepper)

lompat jauh gaya mengantung Dalam teknik lompat jauh gaya menggantung posisi kaki tergantung lururs ketika melakukan take off.posisi badan tegak dengan posisi lutut ditekuk kemudian pinggang didorong ke arah depan kemudian kedua tanggan  diangkat ke atas.

Dengan  Gaya Berjalan di Udara (Walking in the Air)

lompat jauh gaya berjalan di udaraGaya berjalan di udara, cara melakukannya adalah sesudah melakukan take off  tarik kaki ke arah bawah dan ke arah belakang pada saat waktu yang sama, tarik kaki yang bertolak ke arah depan dan ke arah atas.

Dalam menerapkan teknik teknik lompat jauh yang sesungguhnya, perbedaannya terletak pada saat melayang di udara.

Teknik Dasar Mendarat (Landing)
Dalam teknik mendarat atau lending harus dilakukan dengan benar diusaka lengan atau badan jatuh di belakang. Posisi pada saat mendarat pada bak lompat diawali dengan menggunakan kaki dan tumit yang sedikit dirapatkan. Ketika melakukan pendaratan harus mengguakan kedua kaki.

Kesalahan yang fatal dilakukan ketika melakukan mendarat dalam teknik lompat jauh mendarat tidak menggunakan kedua kaki secara bersamaan Dan dorongngan pingang tidak dilakukan sehingga membuat badan jatuh kebelakang. Yang dapat membuat kesalahan fatal bagi atlet

Demikian artikel teknik lompat jauh ini semoga bermanfaat bila ada kritik saran maupun komentar silahkan isi form di bawah ini dan jangan lupa shere.