TEKNIK LARI JARAK PENDEK

Spread the love

TEKNIK LARI JARAK PENDEK

TEKNIK LARI JARAK PENDEK 1Teknik lari jarak pendek Bisa disebut juga lari sprint, lari merupakan perlombaan atletik pada nomor lari, semua pelari berlari dengan kecepatan maxsimal atau lari secepat mungkin dengan menempuh jarak tertentu dengan nomor lari 100 m, 200 m, hingga 400 m. factor yang mempengaruhi dari kecepatan berlari seorang atlet terletak pada saat melakukan tolakan awal pada saat berlari atau start.

 

 

Ada tiga cara dalam melakukan star atau tolakan pada saat berlari yaitu :

  1. Standing start (start berdiri)
  2. Flaying start (start melayang)
  3. Crouching start (strat jongkok)

Dalam start jongkok terdapat rangkayan urutan yang dibagi menjadi tiga tahapan yaitu aba – aba  bersedia siap ya atau suara pistol.

Selain itu terdapat satu jenis start yaitu medium elongated start selain tiga jenis strat di atas, medium elongated start adalah jenis start menengah perbedaannya ialah keadaan pada bagian lutut kaki belakang ditarik mundur sedikit hingga berada telapak kaki pada bagian depan.

Teknik start ini biasanya digunakan dalam melakukan teknik lari jarak pendek menggunakan start jongkok.

Teknik lari jarak pendek Menggunakan Start Jongkok

Pada aba-aba “Beredia”

Ketika aba aba tersebut sudah terdengar lakukan hal berikut :

  1. Kedua Tangan diletakkan sedikit lebih lebar dari posisi bahu jari jempol membentuk huruf “V” , bahu berada didepan tangan sedikit dan condong ke arah depan dengan posisi lengan lurus.
  2. Kepala dalam keadaan rileks hingga leher tidak tegang pandangan ke arah depan sekitar 2,5 m di depan garis start.
  3. Badan atau tubuh dalam keadaan rileks.
  4. Perhatikan fokus terhadap aba aba .
  5. Jarak kaki dengan garis start tergantung jenis start apa yang akan di gunkan.

Pada aba – aba “siap”

Ketika aba aba tersebut terdengar lakukan hal sebagai berikut :

  1. Pinggang dianggkat ke arah depan hingga lebih tinggi dari bahu, sedikit lakukan dengan tenang, hingga posisi punggung menurun ke depan, hal ini dilakukan dengan memperhatikan keseimbangan sebaik mungkin, kira – kira hitungan dua detik hingga aba – aba selanjutnya.
  2. Leher dalam keadaan rileks kepala direndahkan tatapan ke bawah sekiranya 1 hingga 1,5 m ke hadapan garis start
  3. Tangan dalam keadaan lurus beserta siku jongkok
  4. Ambiil nafas yang dalam pada saat mengangkat pinggang
  5. Konsentrasi fokus pada aba aba “ya” atau suara pistol ditembakkan

Pada saat Aba – Aba atau perintah “Ya” atau “Bunyi Pistol”

Cara melakukanya dalam teknik lari jarak pendek ketika aba aba ya atau bunyi pistol mulai terdengar yaitu :

  1. Ayunkan tangan kiri ke arah depan dan tanggan kanan ke arah belakang dengan kuat.
  2. Tangan kiri diayunkan ke arah depan dan tangan kanan diayunkan dengan kuat.
  3. Tolak kaki kiri dengan kuat hingga kaki lurus. kaki bagian kanan melangkah dengan kecepat maxsimal dan secepat mungkin berada di tanah. Langkah awal kurang lebih 45 centi meter hingga 75 centi meter berda garis start.
  4. Tolakan kaki dengan kaki kuat hingga terkejang, kaki melangkah secara cepat dalam langkah pertama sekitar 45 centimeter hingga 75 centimeter.
  5. Berat badan harus meluncur lurus kedepan. Dari sikap jongkok berubah kesikap lari, berat badan harus naik sedikit demi sedikit. Jangan ada gerakan ke samping.
  6. Titik berat badan kearah depan. Dari keadaan tubuh jongkok berubah kesikap lari, titik berat badan harus naik perlahan step by step. Jangan sampai ada gerakan kearah samping.
  7. Dalam Teknik lari jarak pendek semakin lama langkah akan menjadi semakin lebar.6 hingga 9 langkah adalah langkah peralihan dari langkah start menuju ke langkah berlari menggunakan kecepatan maxsimal. Secara berangsur angsur pandangan mata kearah garis finish.
  8. Dalam langkah teknik lari jarak pendek semakin lama berlari maka langkah kaki menjadi lebih lebar. 6-9 langkah merupakan langkah zona peralihan dari langkah start menuju langkah langkah lari.
  9. Bernafas anaerob

Baca Juga Artikel :

Teknik Lari Gawang

Gerkan Teknik Lari jarak pendek

Setelah melakukan gerakan start dengan langkah peralihan semakin lebar dan condong badan badan yang berangsur berkurang, dilanjutkan melakukan gerakan lari secepat mungkin.

Langkah peralihan dilakukan setelah melakukan gerakan start dalam langkahnya setelah enam samapi Sembilan langkah itu adalah langkah peralihan semakin lama langkah berarti semkin lebar.posisi badan mulai berangsur angsur berkurang dan di lanjutkan melakukaan gerkan lari secepat mungkin.

Posisi badan ketika berlari
Pada saat berlari kita juga harus memperhatikan bagaimana posisi posisi tubuh kita.

Posisi badan pada saat berlari berlari yang benar adalah menyondongkan badan sedikit ke depan beriringan dengan tolakan awal dengat tolakan skuat tenaga power full. Dengan alas an efisiensi gerak tubuh akan membuat hemat energy lari pun akan lebih terasa  nyaman.

Gerakan tubuh tangan ke arah bagian dagu dan langkah kaki lebar gerakan dilakukan dengan kecepatan yang semakin meningkat.

Gerakan Teknik lari jarak pendek melewati Garis Finish

Dalam melewati garis finish terdapat 3 macam teknik yang bisa disesuiaikan dengan kebutuhan.

  1. Lari terus hingga jarak kurang lebih 5 m baru mulai berhenti.
  2. Pada saat tubuh menyentuh pita dada agak dicondongkan kedepan sedangkan kedua lengan dibelakang engan di ayunkan.
  3. Bagian dada di putar lengan diayunkan ke arah depan bahu maju ke arah depan ketika tubuh menyentuh pita.

Seorang atlit dianggap sudah finish ketika anggota badan paling depan menyentuh bidang tegak garis finish. Hal tersebut. merupakan peraturan dasar dalam atletik nomor  lari.

Cara Melakukan lari Cepat yang Baik dan Benar

  1. Kaki yang di gunakan ialah kaki terkuat sebagai penolak di tolak dengan sekuat kuatnya hingga kaki lurus. Bagian lutut ditinggikan kira kira setinggi pinggang, tungkai kaki bawah mengayun kearah depan guna menciptakan langkah yang lebih lebar.
  2. Tubuh dalam keadaan rileks tidak boleh tegang. Kemudian lutut sedikit di tekuk hingga membentuk sudut 25 hingga 30 drajat.
  3. Arah gerakan ayunan ke wajah dan ayunan kebelakang harus secara wajar. Gerakan tanggan berimbangngan dengan gerakan ayunan kaki.
  4. Punggung dan kepala harus sejajar
  5. Pandangan lururs ke arah depan.
  6. Gerakan lari dalam lari jarak pendek harus memiliki frekuensi setinggi mungkin dan selebar mungkin

Berlatih Teknik lari jarak pendek

pastinya dengan berlatih dengan metode yang tepat dan konsisten berpengaruh terhadap kemampuan teknik lari jarak pendek secara efektif seorang atlet. latihan bisa dilakukan dengan cara – cara berikut :

  1. Latihan dilakukan sambil berlari mengangkat paha dan lutut tinggi bergerak maju ke arah depan perlahan pada jarak kira – kira 10 hingga 15 m.
  2. Berlatih lari sambil menyepakkan kaki bagian tumit ke bokong atau menendang ke depan
  3. Latihan dengan cara jogging dengn badan didorong ke arah depan
  4. Latiahan dengan cara bergerak maju ke arah depan dengann memperpanjang langkah
  5. Latihan lari secepat mungin secara maxsimal dengan jarak kira – kira 20 hingga 30 m
  6. Berlatih dengan cara berlari secara drill bebera pakali dengn menempuh jarak 25 hingga 30 meter.

Demikian penjelasan mengenai teknik lari jarak pendek  semoga bisa bermanfaat bagi teman teman semua dan jangan lupa shere via media sosial, email atau yang lainnya.  penulis tak lepas dari kesalahan apabila ada kritik dan saran kirim di form yang berada di bawah ini. terimaksih.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

Teknik Lari Gawang

Teknik Lari Jarak Pendek

Teknik Jalan Cepat

Teknik Tolak Peluru