Teknik Lari Gawang

Spread the love

Teknik Lari Gawang

Pengertian

teknik lari gawangTeknik Lari Gawang Yaitu merupakan cabang olahraga atetik dalam nomor lari Cepat dengan melompati rintangan berupa gawang minimal 10 gawang yang tinggi dan jarak tempuh sesuai dengan ter nomor perlombanya.
Dalam melakukuan cabang atletik ini sebisa mungkin dilakukan dengan cepat seperti lari sprint.

Dalam perlombaan lari gawang jarak tempuh , tinggi gawang, jarak antara gawang jarang terakir ke gris finish pun berbeda?

Putri Nomor 100 m Tinggi gawang : 0,840 m jarak garis start ke gawang pertama : 13,00m jarak antar gawang : 8,50 m jarak gawang terakhir ke gaaris finish : 10,50 m
Putri Nomor 400 m Tinggi gawang : 0,762 m jarak garis start ke gawang pertama : 45,00m jarak antar gawang : 35,00 m jarak gawang terakhir ke gaaris finish : 40,00 m
Putra Nomor 110 m Tinggi gawang : 1,067 m jarak garis start ke gawang pertama : 13,72m jarak antar gawang : 9,14 m jarak gawang terakhir ke garis finish : `14,02 m
Putra Nomor 400 m Tinggi gawang : 0,914 m jarak garis start ke gawang pertama : 45,00 m jarak antar gawang : 35,00 m jarak gawang terakhir ke garis finish : `40,00 m
Untuk menghasilkan pergerakan yang baik dan benar kita harus mempelajari terlebih dahulu teknik dasarnya.

Lari Gawang 110 Meter Putra dan 100 Meter Putri

Teknik dalam melakukan olahraga ini pada nomor 100 m putra dan 110 m putri adalah :

1. Di mulai dengan menggunakan start jongkok.
2. Lari dengan kecepatan maxsimal kemudian melompati gawang dengan cara tubuh sedikit condong kea rah depan posisi kaki yang berada didepan lurus pada saat melompat
3. Keadaan lengan pada sebelah badan yang bersebrangan dengan kaki yang mengawali. Diayunkan kea rah depan menyelaraskan gerakan tubuh.
4. Paca melewati gawang , kaki depan kembali ke lintasan lari kea rah depan dank ke arah gawang selanjutnya.
5. Kaki yang berada dibelakang ke arah depan dan melanjutkan gawang berikutnya.
6. Berlari dengan cepat dan kuat antara gawang satu dan gawang yang lain.
7. Keadaan pundak dan pingang dipertahankan agar tetap berkesinambungan dengan gawang posisi tubuh naik dan turun pada saat gawang.
8. Pada saat Gerakan akhir lending kaki diluruskan sedangkan kaki diangkat tinggi.
Fase Teknik Lari Gawang 100 m

Hal yang harus diperhatikan dalam melakukan gerakan teknik yang benar yaitu settingan langkah, waktu melangkah dan panjang pendeknya langkah dalam berlari. Anatara lari gawang dan lari cepat atau sprint tidak bisa dipisahkan karna seorang atlit yang bagus harus seorang pelari yang handal.

Keduanya memiliiki kesamaan dalam hal gerakan lengan, lurusnya kaki cara mengangkat lutut. Setiap tahapan membutuhkan gerakan kordinasi yang baik dari setiap komponennya.

Tahapan Start Menuju ke Gawang Pertama

1. Pasca melakukan start kemudian mendekati gawang dengan cara bertolak mengangkat pinggul dengan tinggi sembelum melompat.
2. Paha dan lutut kaki bagian depan diangkat pada suatu garis horizontal, luruskan kaki dengan cara menendangkan kea rah depan guna meluruskan kaki, dan juga lutut diluruskan guna melintasi gawanng.
3. Selama lari Posisi lutut tetap diangkat.
Tahapan Melewati Gawang
1. Dimulai dengan gerakan kaki yang cepat kemudian lutut diangkat ketika sudah mendekati gawang
2. Semakin cepat berlari menuju gawang berbanding lurus dengan semakin jauh memulai lompatan, kaki dan tangan bergerak cepat.
3. Keadaan badan sedikit condong kearah depan posisi lutut agak sedikit di tekuk ketiaka berada dalam posisi melompat di atas gawang, usahakan melompat jangan terlalu tinggi dari gawang.
4. Pada saat di atas gawang Tanggan memiliki fungsi sebagai penyeimbang guna badan lebih cepat kembali ke keadaan berlari.
5. Setelah kaki yang digunakan menolak tarik ke depan, dengan cara mengangkat tinggi kaki kesamping dengan cara diputar.
6. Pasca kaki depan melewati gawang dengan keadaan lurus segera menyentuh tanah dan diiringi kaki bagian belakang.

Lari Gawang nomor 400 Meter

Pondasi Pada nomor lari gawang 400 m adalah dengan lari cepat sepanjang 400 meter, olehsebab itu atlit harus bisa melompat menggunakan kaki apapun
Melompat dengan tepat guna atau efiseinsi gerak mempertimbangkan tikungan dan mengatur pola langkah disetiap langkah ketika sudah mulai capek.

Teknik Dasar

Dalam teknik lari gawang 400 meter tidak begitu membuat lelah karna tinggi gawang lebih rendah jika dibandingkan gawang nomor 110 meter.

1. Keadaan tubuh lebih tegak pada saat melompat tidak condong.
2. Kaki bagian depan diangkat hing garis horizontal serta meluruskan kaki ke arah depan dan melompati gawang tanagan dalam posisi badan yang berlawanan. Ke arah depan guna mengimbangi grakan kaki.
3. Lutut Kaki bagian belakang ditekuk kemudian secra horizontal di putar guna melompat pada gawang. Kemudian lutut kaki belakang di putar keatas bagian dalam pasca kaki di tending ke atas guna mengambil langkah selanjutnya.

Teknik Lari Gawang 400 m

Pada umumnya dalam nomor 100 meter, 110 meter dan 400 meter sama saja baik itu sikap badan maupun gerakan gerakan tangan lutut dan kaki. Yang perlu digaris bawahi dan ditekankan adalah teknik pernggantian kaki yang berada di depan atau kaki yang memimpin.

Dikarenakan pada nomor 400 meter di beberapa gawangnya lintasan yang berupa tikungan. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan kaki mana yang harus memimpin dalam melompati gawang guna melompat dengan bai dan benar.

1. Lebih efektif dalam efiseinsi gerak menggunakan kaki kiri sebagai penolak dalam melompati gawang ketika gawang tersebut berada dalam tikungan. Terutama pada saat berada di lintasan dalam yang lebih ketat.
2. Tubuh condong ke sebelah kiri ketika berlari lebih memudhkan untuk mengakat kaki kanan kaki yang mengikuti.
3. Dalam keadan tubuh lelah Kaki kanan sebagai panduan menjadi tidak enak dilakukan sering terpaksa menggunakan kaki sebelah kanan. Bisanya ini terjadi pada saat akhir tikungan.

Peraturan Lari Gawang

PASI merupakan perstuan induk organisasi atletik sudah meberikan aturan yang jelas mengenai olahraga ini para atlet pun harus mengetahui peraturan perlomban agar tidak membuat kesalahan yang dapat merugikan atlet tersebut.

1. Lari gawang dilakukan di jalur sendiri – sendiri yang sudah ditetapkan. Olahraga ini Di awali dari mulai garis atrt hingga garis finish.
2. seorang atlet dinyatakan didiskualifikasi apabila melakukan pelanggaran sebagai berikut :
– Seorang atlet pada saat melewati gawang menarik kaki bukan pada bidang horizontal di atas gawaang
– Seorang atlet melompati gawang bukan pada jalur lintasanya sendiri
– seorang atlet dengan sengaja mengunakan kaki atau tangan menjatohkan gawang.
– baik lari nomor 400 meter, 110 meter dan 100 meter semunya memiliki 10 buah gawang yang harus dilewati.

Terimakasih sudah membaca artikel dari Mang Ruri semoga bisa bermanfaat apabila ada kiritik dan saran isi form di bawah ini bisa juga shere via medsos baik itu facebook, whatsap, twitter, instagram dan lain – lain . terimaksih semoga hari ini anda selalu di berikan kesehatan oleh Allah.