TEKNIK JALAN CEPAT

Spread the love

TEKNIK JALAN CEPAT

Sejarah

teknik jalan cepatTeknik jalan Cepat – Dalam melakukan teknik ini tidak diperbolehkan melakukan langkah melompat atau melayang karna hal tersebut melanggar aturan. teknik ini dalam peraturannya kaki tidak diperbolehkan mengangkat, kaki harus tetap berada di atas tanah dan salah satu kaki harus tetap menginjak tanah.

Di kota londonlah awla dari olahraga ini dilakukan pada tahun 1912 di pertandingkan perlombaan 10 km dan pada tahun 1867 kemudian pada oliympiade tahun 1976 nomor atletik ini disenggelarakan dengan jarak tempuh 20 kilometer dilaksanakan. Dan pada oliympiade Moscow olahraga ini di lakukan dengan menggunakan nomor lomba 50 kilometer.

Tahun tahuhun belakangan ini olahraga ini mulai pupuler dan banyak pengemarnya dan menjdi trending topic. Pada Nomor perlombaan 20 kilometer dan 50 kilometer telah menjadi nomor perlombaan tetap diera modern ini, perlombaan teknik jalan Cepat di Indonesia pun diselenggarakan pada kejuaraan tingkat nasional pada tahun 1978 nomor perlombaan yang digunakan yaitu untuk wanita 5 kilometer dan 10 kilometer sedangkan untuk atlet pria 10 kilometer dan 20 klometer

Apasih Perbedan Teknik jalan Cepat dengan Lari ?

Ditinjau secara teknik keduanya tidak memiliki perbedannya yang cukup signifikan. Baik gerakan jalan maupun gerakan lari inti dari gerakan ini adalah memindahkan tubuh kea rah depan dengan menggunakan langkah kaki, tetapi kedua hal terseut memiliki perbedaan Teknik jalan Cepat : pada setiap gerakan kaki pasti selalu ada kontak atau berhubungan dengan tanah, maksudnya adalah setiap saat melangkahkan kakinya salalu ada kiki yang menginjak tanah. Sedangkan lari : dalam gerakan lari pasti ada saat gerakan melayang tidak menempel atau kontak dengan tanah.

Pengertian – teknik jalan Cepat

Cara melakukan gerak ini adalah dengan gerakan maju ke arah depan dengan mlangkahkan kaki  secara sistematis dan berkelanjutan sehingga kontak dengan tanah tetap terjaga dan tidak terputus selama melangkah. Cara melakukan teknik jalan Cepat dengan cara kaki melanngkah bergerak maju, kaki harus tetap berhubungan dengan tanah sebelum kaki satunya meninggalkan tanah, kaki yang bertumpu harus diluruskan setidaknya dalam keadaan vertical atau tegak

Hal yang sering terlupakan dalam perlombaan setiap atlit bergerak melangkah maju salah satu kaki kehilangan kontak dengan tanah yang harus diperhatikan setiap melangkah jangan sampai kaki hilang kontak dengan tanah.dalam perlombaan diawali dengan start dan berakhir pada garis finish hal tersebut juga perlu diperhatikan agar tidak menyalahi peraturan yang menyebabkan kerugian pada atlet tersebut.

Hal Yang harus Diperhatikan Dalam Teknik Jalan Cepat 

Dalam melakukan teknik ini ada beberapa hal yang harus dilalui seorang atlet guna mencapai hasil yang diinginkan berikut ini  yang perlu diperhatikan  seorang atlet yaitu :

1. Start

start yang digunakan dalam mengawalinya menggunakan start berdiri. Instruksi start pada umumnya sebagai berikut “bersedia” atlett menaruh salah satu kaki di belakang garis start dan menaruh kaki satunya berada di belakang. Posisi tubuh agak condong ke arah depan keadaan tangan rileks, ketika terdengar instruksi mulai biasanya mengunakan sinyal suara pistol atau aba-aba ya !!! secepatnya langkah kaki yang berada di belakang maju kedepan dan terus berjalan secepat mungkin.

2. Langkah

Gerakan melangkah mengangkat  kaki bagian paha dengan mengayunkan kaki ke arah depan, posisi lutut tertekuk, badan sedikit condong kedepan, kenapa paha yang diangkat alasannya secara otomatis tungkai bawah terayun ke arah depan, kemudian lutut lurus kaki mendarat mendahulukan tumit terlebih dulu kemudian perkenan ke ujung kaki di tanah kemudian diayunkan.

3. Posisi Tubuh

Posisi tubuh dalam gerakan harus sedikit condong kearah depan dengan berlanjut mengunakan ayunan lengan dengan arahnya lebih menusuk masuk, siku ditekuk dengan sudut 90 derajat, gerakanpun harus singkron dengan gerakan langkah kaki.

Finish

Pada saat sampai di garis finish harus ada gerakan flowstru nya atau gerakan lanjutannya tidak boleh seketika berhenti, pada jarak sekitar 5 meter mulai langkah untuk di perlambat bertahap, kemudian dilanjutkan pemindahan titik berat badan dari kaki satu ke kaki yang lain. Langkah dalam gerakan ini harus terlihat jelas dari pnggang.

Tahapan – tahapan Teknik Teknik jalan Cepat

Dalam olahraga atletik ini memiiki tahapan tahapan gerak,tahapan gerakannya sebagai berikut tahapan tumpuan 2 kaki, tahapan tarikan,tahapan relaksasi, dan tahapan dorongan.

1. Tahapan Tumpuan 2 kaki

Tahapan gerakan tumpuan menggunakan 2 kaki tahapan ini sanagat cepat terjadinya ketika ke 2 kaki tersebut menempel pada tanah. Ketika tahapan tumpuan 2 kaki itu terjadi dorongan kaki selesai dan di lanjutkan oleh gerakan tarikan. Dibandingkan beandingkan dengan dorongan gerakan tarikan ini agak lebih lama gerakan berawalan dari pinggang dan bahu.

2. Tahapan Tarikan

Tahapan tarikan dilakukan menunggu gerakn terdahulu selesai, tahapan tarikan dilakukan karna kinerja tumit dan seluruh tubuh, tahapan tarikan dikatakana selesai apabila posisi badan berada pada tahapan tumpuan 2 kaki.

3. Tahapan Relaksasi

Tahapan relaksasi terjadi pada tahapan tarikan dan dorongan kaki, posisi pingul berada satu garis dengan bahu. Keadaan tangan vertical dan sejajar di sebelah bahu.Tahapan ini bisa dilaksanakan jika tahapan sebelumnya sudah dilakukan dan jika tumpuan berat badan berganti ke kaki yang lainya.

Kaki yang sudah melakukan tarikan dilanjutkan dengan gerakan dorongan kemudian diluruskan. Seorang atlet Diusahakan memiliki fleksibiitas kaki yang bagus karna dalam melakukan langkah menggunakan jarak yang lebar, dalam setiap langkahnya harus satu arah, Dalam melakukan dorongan kaki diusahakan pula posisi engsel kaki diluruskan dan tangan sebagai penyeimbang

Kesalahan Dalam melakukan Teknik jalan Cepat

Kesalahan yang kerap terjadi dalam melakukan teknik Teknik jalan Cepat adalah pada saat Melangkah telapak kaki kehilangan kontak dengan tanah alias kaki mengangkat, posisi badan terlalu miring ke arah belakang maupun depan, melakukan langkah yang terlalu pendek, ketika berjalan lintasan yang di lalui zig zag.

Dalam setiap tahapan – tahapan dalam melkukan teknik lompat jauh sangat penting tahapan tersebut memiliki kontribusi dalam pencapaiyan hasill yang diinginkan dan jangan lupa dalam hal pelaksanaan jangan sampai mengabaikan keselamatn harus terlebih dahulu mengutamakan keselamatan agar tidak terjadi cidra olahraga yang tidak diinginkan.

Trimakasih sudah membaca artikel dari mangruri.com apabila ada keritik dan saran silahkan isi form di bawah ini.atau shere ya.