TEKNIK DASAR BOLA VOLI PASSING BAWAH

Spread the love

TEKNIK DASAR BOLA VOLI PASSING BAWAH

Passing bawah adalah salah satu teknik bola voli yang sangat mendasar, teknik dasar ini memiliki fungsi dan kegunaan untuk langkah awal menyusun strategi pola serangan apa yang akan dibuat untuk menyerang lawan dan juga sebagi pertahanan sendiri. cara melakukannya yaitu memukul bola dari bagian bawah perkenaan bola pada bagian lengan (proksimal tangan). Jika teknik ini benar dilakukan maka sangat besar fungsi dan kegunaannya pada permainan.

Ada beberapa teknik dasar bola voli seperti smash, blok, servis, dan passing. Passingpun dibagi menjadi dua jenis yaitu passing bawah dan passing atas. Teknik dasar Bola voli ini diperuntukkan untuk menerima bola mengontrol bola apabila dilakukan sempuna toser atau pengumpan akan lebih mudah dalam melakukan tugasnya sehingga terjadi serangan yang efektif guna membongkar serangan lawan.

Pengertian passing bawah sendiri adalah teknik memainkan bola mengunakan kedua tanggan dengan mengunakan sisi tangan bagian dalam secara bersamaan yang memiliki fungsi menerima bola baik itu dari servish, smash, atau serangan dari lawan lainnya dan biasanya digunakan untuk mengambil bola rendah. Bisa juga mengoper bola untuk dimainkan dalam tim nya agar di mainkan di regunya sendiri.

Cara Melakukan Passing Bawah

Passing bawah dibutuhkan gerakan yang baik dan harmonis agar hasil passing lebih baik, tepat maka hasil akan terlihat sempurna tepat sasaran yang diinginkan, untuk mencapai semua itu seorang pemain bola voli harus bisa menguasai teknik ini. Ada 3 tahapan dalam melakukan gerakan teknik dasar ini yaitu persiapan, tahap gerakan, dan gerakan akhir / follow thru.

Tahap Persiapan

Tahap melakukan persiapan sebagai berikut :

  1. Posisi kedua Kaki dibuka selebar bahu dengan sikap tubuh berdiri
  2. Posisi Kedua lutut direndahkan sampai berat tumpuan tubuh terletak diujung kaki bagian depan
  3. Posisi Kedua tanggan diluruskan rapat didepan badan sehinga posisi ibu jari sejajar
  4. Arah pandangan harus fokus terhadap datangnya bola

Tahap Perkenaan Bola

Dalam tahapan perkenaan bola ini tidak kalah pentingnya jika salah perkenaan bolanya hasil pantulanpun tidak akan tepat pada sasaran. berikut adalah tahapan – tahapan perkenaan bola :

  1. posisi Kedua tanagan diayunkan kearah datangya bola bersamaan dengan itu pingul dan lutut naik dan tumit terangkat dari lantai
  2. Usahakan pada saat menerima bola harus tepat berada ditengah badan
  3. Perkenaan bola pada bagian pergelangan tangan (proksimal)
  4. Perkenaan bola yang baik sebaiknya pada saat tanggan membentuk sudut 45 derajat

Tahap Akhir Gerakan Lanjutan

Tahapan akhir dilakuakn  follow thru gerak lanjut :

  1. Setelah tangan mengenai bola kaki melangkah maju melangkah ke depan untuk mengambil posisi siap kembali
  2. Pada saat melakukan ayunan lengan diusahakan tidak membentuk sudut melebihi  90 derajat
  3. Pandangan mata mengikuti arah gerakan bola

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

Ukuran Lapangan Bola Voli

Komponen Kebugaran Jasmani

Permainan Bola Voli

Kesalahan Kesalahan Passing Bawah

Hal hal yang harus diperhatikan umumnya kita tidak bisa mengetahui letak kesalahan yang di lakukan mintalah seorang yang lebih ahli untuk mengamati dan menganalisis gerakan teknik ini kita untuk membetulkanya. Kesalahn yang sering dibiarkan akan membuat pola gerak yang salah sehinga kualitas passingnya tidak sesuai yang diharapkan.

  1. Ketika melakukan passing lengan posisi terlalu tinggi berada di atas bahu
  2. Bola yang dipassingkan terlalu kencang atau rendah disebabkan ketika merendakan tubuh bukan lutut yang direndahkan tetapi pinggang / pinggul yang ditekuk
  3. Bola tidak kearah muka karna pemindahan berat badan tidak dilkukan yaitu berat badan dari tengah kearah sasran
  4. Operan bisa salah karna ketika menerima bola posisi lengan dalam keadaan terpisah tidak dalam posisi menempel
  5. Bola menyentuh tubuh atau mendarat bukan pada bagian proxsimal lengan

Tata cara langakah rangkayan gerak tersebut bisa digunakan sebagai pembelajaran bagi pemula, bisa dilakukan secara mandiri atau dibantu oleh teman, ketika latihan coba rasakan nikmati perkenaan bola pada tangan seberapa tenanga yang perlu dikluarkan tubuh sehingga bola tersebut dapat mematul dengan sempurna seperti yang kita inginkan.

Cara Melatih Gerakan Passing Bawah

Latihan tanpa menggunakan bola :

  1. Melakukan gerakan melambungkan bola dengan sikap yang benar, posisi lengan di rapatkan dan diluruskan dilakukan sambil berjalan maju.
  2. Melakukan gerakan dari sikap duduk di lantai. Dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  3. Melakuakan gerakan dari sikap duduk di bangku panjang.

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA :

Gerakan Senam Meroda

4 Gaya Lompat Tinggi yang benar

Latihan mengunakan bola :

  1. Melambungkan bola dan membiarkan bola jatuh pada lengan yang dirapatkan dan diluruskan dilakukan sambil berjalan maju .
  2. Melakukan gerakan dari sikap duduk di lantai dan bola di lambungkan teman dilakukan berpasangan atau berkelompok.
  3. Melakukan gerakan dari sikap duduk di bangku panjang dan bola di lambungkan teman.
  4. Melakukan gerakan melalui net atau tali yang dipasang melintang secara berpasangan atau berjajar ke belakang. Bola dilambungkan oleh teman dilanjutkan dengan melakukan passing langsung ( bola tanpa dilambungkan teman kembali )
  5. Bermain pada lapangan kecil mengunakan teknik passing bawah permainan ini dilakukan dengan jumlah pemain tiga orang dalam setiap timnya.

Latihan teknik passing bawah dapat menggunakan variasi seperti  latihan mandiri berpasangan dengan teman  bisa juga berkelompok apabila berkelompok lebih ada kesempatan untuk mengetahui gerakan gerakan yang benar dan gerakan gerakan yang salah, bentuk latihan  dapat dimodifikasi sesuai keinginan dan kebutuhan kita asalkan tidak meninggalkan kaidah kaidah teknik yang benar agar hasil passing lebih baik lagi.

Demikian apa yang bisa saya sehere semoga bermanfat  keritik dan saran silahkan ditulis di kolom komentar jangan lupa shere ya.