CARA MELAKUKAN SIKAP LILIN

Spread the love

CARA MELAKUKAN SIKAP LILIN

Sikap Lilin termasuk cabang olahraga senam lantai dalam melakukan gerakannya termasuk dalam golongan olahraga senam lantai yang sudah familiar di telinga kita yang biasanya dilakukan di atas matras dengan nama yang cukup unik yaitu lilin dan merupakan gerakan menyerupai batang lilin. Gerakan ini harus di damping ahli atau guru untuk melakukannya bagi pemula yang ditakutkan akan terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan cidra fatal.

hal  yang harus diperhatikan bagaimana cara melakukan gerakan yang baik dan benar, diawali dengan  sikap tidur telentang kemudian kedua kaki di angkat lurus bersamaan dengan pinggul dan di sangga oleh tangan sebagai pasaknya ada 2 teknik dalam melakukan sikap lilin yaitu jongkok dan tidut telentang.

Cara Melakukan Sikap Lilin Dengan Posisi Tidur Telentang

Untuk melakukan gerakan senam lantai tersebut kita harus mengetahui cara melakukan gerakan yang baik dengan posisi tidur Telentang. Ini adalah step step tahapannya.

  1. Yang pertama posisi tubuh / badan berada di atas matras pada posisi tidur telentang posisi tangan dekat dengan pingul atau pingang.
  2. Agar kaki posisi kaki belance atau seimbang rapatkan kaki ketika diangkat.
  3. Setelah itu angkat kaki dengan posisi tangan bertumpu dan berpijakan pada matras
  4. Lakukan tolakan dengan mengangkat kaki dan badan ke atas serta tolakan tangan agar membantu kemudian tangan disimpan pada bagaian pinggang, gukanan bagian sikut sebagai penyangga / penyokong tubuh agar tetap belance atau tidak hilangnya keseimbangan tubuh.
  5. Bagian tubuh diluruskan yaitu dari ujung kaki hinga badan agar mirip menyerupai batang lilin
  6. Untuk cara pendaratannya kaki disatukan rapat antara kaki kanan dan kiri jatuhkan perlahan dari bagian pinggul. Kemudian didorong pada bagian badan secara perlahan

Cara Melakukan Sikap Lilin Dengan Posisi Jongkok

Cara melakukan gerakan dengan posisi jongkok berbeda dengan sikap tidur terlentang karna di butuhkan belance keseimbangan tubuh dan kekuatan streng yang lebih sulit. Berikut step – step melakukan sikap lilin dengan posisi jongkok.

  1. Gerakan yang dilakukan pertama kali  dalam melakukan gerakan dengan posisi jongkok dan tangan berada di posisi samping pinggang / pinggul.
  2. Setelah itu gulinkan tubuh ke belakang tubuh dan ke 2 tungkai kaki harus lurus ke depan kemudian ke atas tenagan berada di samping kuping
  3. Selanjutnya berguling ke depan dilanjutkan dengan kaki menolak dan diperbantukan dengan tolakan ke 2 tangan hingga posisi badan dalam keadaan melengkung / lenting
  4. Cara mendarat yang benar dalam gerakan akhir kaki disatukan rapat antara kaki kanan dan kiri jatuhkan perlahan dari bagian pinggul. Kemudian didorong pada bagian badan secara perlahan lahan

Kesalahan yang biasa sering dilakukan pada saat melakukan gerakan yaitu:

  1. Tidak melakukan ayunan kaki ketas dengan benar
  2. Saat kaki naik ke atas kedua kaki tidak rapat ada jarak antara kedua kaki.
  3. Pada saat akhir menjatuhkan tubuh tidak secara perlahan lahan
  4. Hilangnya keseimbangan saat kaki naik berada di atas
  5. Posisi keadaan tangan salah dalam penopang berat tubuh
  6. Pingul hanya di sokong oleh ibu jari saja
  7. Posisi kaki lebih condong ke belakang, oleh sebab itu lebih berat untuk disokong dan dalam melakuan gerakan ini tidak bertahan lama.
  8. Posisi kaki lebih miring / condong ke arah depan.
  9. Posisi siku tangan terlalu melebar dari tubuh.
  10. Tidak atau kurang menggunakan tumpuan pundak.

hal yang harus diperhatikan dalam melakukan gerakanya sebaiknya di bantu dengan tutor yang telah berpengalaman dan paham mengenai gerakan  yang betul untuk membantu dalam hal teknisnya seperti mengangkat badan menahan kaki meluruskan kaki dan membantu mengangkat bagian kaki agar hasil gerakan yang betul seperti batang lilin yang tegak dalam posisi sikap lilin setidknya berada dalam posisi tersebut selama 5 detik.                                                                  .

demikian artikel ini kami buat semoga bisa menambah wawasan temen – temen semua dan jangan lupa selalu kunjungi mangruri.com website olahraga dan kesehatan. .