CABANG CABANG OLAHRAGA ATLETIK

Spread the love

CABANG – CABANG OLAHRAGA ATLETIK

cabang olahraga atletikPENGERTIAN

Cabang olahraga Atletik – Atletink merupakan kumpulan dari berbagai jenis macam olahraga seperti lompat lepar dan lari pada tahun 776 sebelum masehi olahraga atletik diperlombakan pertama kali pada olinypiade. PASI merupakan induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia.

SEJARAH ATLETIK         

Kata Atletik merupakan serapan dari bahasa yunani ATHLOS yang memiliki arti lomba negara yunanilah yang menjadi negeara pertama diselenggarakn perlombaan atletik. pada masanya ketika itu olahraga atletik dikenal dengan pentathlon : panc lomba dan decathlon : dasa lomba.

CABANG – CABANG ATLETIK

Terdapat 4 (empat)  cabang dalam atletik yaitu nomor lompat, nomor lempar, nomor lari, dan nomor jalan :

NOMOR LOMPAT

atletik lompat

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan salah salah satu dalam olahraga atletik sasaran olahraga ini adalah mendpatkan lompatan setinggi mungkin untuk melewati mistar dengan ketinggian yang sudah ditentukan. Olaharaga ini dapat mengetes keterampilan pelompat untuk melewati tiang mistar.

Tiang mistar yang harus dilewati minimal memiliki tinggi 2,5 m dan memilki panjang 3,15 m lompat tinggi. Ketika bertanding Ketinggian mistar dapat ditinggikan setelah atlit berhasil melewatinya lompatan di katakana dis apabila menyentuh minstar bahkan hingga mistar terjatuh.

Lompatan tertinggilah menjadikan seorang atlit dinyatakan menang.

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lompat Galah

Lompat Galah (Pole Vault) ialah sauatu perlombaan diaman seorang atlit melakukan lompatan setinggi mungkin guna melewati mistar dengan dibantu dengan tongkat panjang flexsibel yang bisa disebut dengan nama galah, galah tersebut terbuat dari bahan carbon ber dan breglass.

CABANG – Lompat Jauh

Lompat jauh ialah gerakan melompat ke arah depan atas yang diawali tolakan menggunakan kaki terkuat dalam membawa berat badan dengan cara melayang dilkukan secepat mungkin guna menempuh jarak sejauh mungkin.

Lompat jauh merupakan salah satu olahraga atletik yang paling sering dilombakan dalam ajang internasional termasuk oliypiade dan  lebih popular di banding dengan nomor lompat yang lainnya.

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lompat Jangkit

Lompat jangkit yaitu suatu rangkayan gerak melompat yang dilakukan dengan tiga langkah gerakan yang berkesinambungan sistematis dan terpadu yang dikemas dalam suatu rangkayan. (trpel jump) : hop (berjingkat), (step) melangkah, dan jump (melompat) guna menempuh jarak sejauh mungkin.

Dalam rangakayan gerakan lompat jangkit terdapat tolakan dan pendaratan  yang dilakukan sebanyak tiga kali. Kecepatan horizontal ,kekuatan dan mempertimbangkan sudut tumpuan pada tiga kali tolakan mempengaruhi hasil lompatan yang maxsimal. Nomor Lempar

NOMOR LEMPAR

atletik nomor lempar

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Tolak Peluru

Tolak peluru adalah serangkayan gerak mendorong atau menolak suatu benda yang berbentuk bundar atau peluru. Peluru tersebut terbuat dari logam dan memiliki berat berfariasi tergantung dari kelas – kelasnya. Gerakan dalam tolak peluru dimulai dari tubuh bagian  bahu menggunakan satu tanggan guna mencapai jarak sejauh mungkin.

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lempar Lembing

Lempar lembing adalah salah satu cabang atletik pada nomor lempar, lemparan berasal dari tubuh bagian tanggan dengan mengerahkan kekuatan maxsimal guna mencapai jarak sejauh mungkin. Alat yang di gunakan pada  olahraga ini adalah lembing. Lembing berbentuk tombak yang berujung tajam pada ujungnya.

CABANG – Lempar Cakram

Lempar cakram ialah lemparan sikap tubuh  menyiku tubuh agak condong kea rah depan. Cakram ini terbuat dari bahan perunggu yang di cor dan ditempa, sebelum menggunakan perunggu cakram terbuat dari terupam halus. Lempar cakram di perlombakan pada olimpiade sejak tahun 708 Masehi.

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lontar Martil

Lontar martil merupakan salah satu cabang atletik pada nomor lempar perlunya kekuatan daya ledak kelincahan dan kecepatan dalam melakukan lontar martil, pada seorang atlit dituntut memiliki hal tersebut biasanya atlit lontar martil memiliki badan yang besar dan kuat.

Nomor Lari

atletik lari

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lari Sprint

Lari sprint bisa disebut juga lari jarak pendek karna hanya menempuh 50 meter- 400 meter. Start yang biasa digunakan dalam perlombaan ini  yaitu start jongkok dan teknik pernapasan yang digunakan menggunakan pernapasan unaerob. Oleh sebab itu lari jarak pendek sangat membutuhkan kecepatan maxsimal kemampuan pernapasan unaerob yang baik.

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah menempuh jarak 800 meter dengan menggunakan start jongkok hingga jarak tempuh 1500 meter yang menggunakan start berdiri. Dalam melakukan lari jarak menengah hal yang harus diperhatikan stamina kekuatan dan kecepatan dari setiap individu atlet.

Dalam melakukan lari 800 meter setiap atlet berlari di lintasan masing – masing setelah melewati tikungan pertama barulah para atlet diperbolehkan berlari memasukin lintasan awal.

CABANG – Lari Halang Rintang

Lari halang rintang ialah lari melintasi rintanngan seperti halnya pada lari gawang. Bedanya adalah pada lari gawang termasuk lari jarak pendek jarak yang ditempuh seorang pelari 100 meter hingga 400 meter.

Pada lari halang rintang bisa menempuh  3000 meter. Lari haling rintang mempunyai nama lai lari steeplace-chase 3000 m termasuk lari jarak menengahyang menempuh rintangan.Rintangan berupa gawang dan ada yang berupa air dengan gawang dihadapannya.

Seorang atlit dalam halang rintang dituntut memiliki speed yang bagusseperti halnya pelari 1500 m. tetapi seorang atlit lari haling rintang dituntut memiliiki kemahiran dalam melewati rintangan. .Perlombaan yang biasanya di lakukan dengan jarak 300 m dngan melewati rintangan berupa air

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lari Jarak Jauh

Lari Jarak jauh bisa disebut juga lari marathon. Adalah lari dengan menempuh jarak yang amat jauh jarak yang ditempuh 42,195 m atau 385 yard dan 26 mil. Olahraga ini dalam sejarah olympiade kunno termasuk cabang olahraga versi atletik tertua.

Diawali pada tahun 490 sebelum masehi pada saat tentara yunani mulai berlari membawakan berita bahagia kemenangan peperangan. Jarak tepuh bisa diatas 5000 meter samapi 10000 meter bahkan ada lebih ekstrim yaitu 1,6,12, dan 24 jam perlombaan.

CABANG  – Lari gawang

Lari gawang bisa juga disebut lari cepat dengan menempuh jarak tertentu dengan melompati gawang sebagai penghalangnya gawang tersebut memiliki ketinggian sudah di sesuaikan menurut peraturan perlombaan atletik.

Pada lari gawang sebisa mungkin diakukan dengan cepat seperti halnya lari sprint, pada nomor lari gawang putra detempuh dengan jarak 110 meter putra, dengan ketinggian gawang 1,067 meter/ 3 kaki, jarak 400 meter putra meliki  ketinggian gawang 0,914 meter.

sedangkan untuk putri dengan jarak tempuh 100 meter memiliki ketinggian gawang 0,840 meter dan ababila jarak lari 400 meter ketinggian gawang yaitu 0,762 meter

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Lari Estafet 

lari estafet yaitu salah satu olahraga cabang atletik pada nomor lari, lari estafet dilakukan lari membawa tongkat dengan cara beranting atau bergantian. Satu timnya dalam lari estafet terdiri dari empat orang yaitu pelari awal kedua ketiga dan keempat. Uniknya pada lari estafet yang tidak akan kalian jumpai pada olaharaga yang lain yaitu adanya perpindahan tongkat sambil berlari yang di estafetkan.

Nomor lari estafet yang biasa dipertandingkan dalam ajang resmi baik nasional maupun internasional   yaitu 4 x 100,200,400 dan 800 meter

CABANG OLAHRAGA ATLETIK – Jalan cepat

Jalan cepat adalah gerakan maju melakah ke arah depan tanpa adanya kontak terputus dengan tanah. Pada saat melangkah kaki bagian depan harus terlebih dahuu menyentuh tanah sebelum sebelum kaki bagian belakang terangkat meninggalkan tanah. Kaki harus selalu lurus kaki dalam keadaan tegak lurus lutut tidak boleh ditekuk.

Ada jalan cepat jarak yang di perlombakan yaitu 10, 20 hingga 50 meter