4 UNSUR DASAR KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI

Spread the love

4 UNSUR DASAR KOMPONEN KEBUGARAN JASMANI

komponen kebugaran jasmaniKomponen Kebugaran jasmani kesanggupan seseorang dalam melakukan aktivitas sehari hari tapa mengalami keletihan atau kesusahan yang berarti dan mempunya stok khusus untuk melakukan aktifitas lainya.

Konsepnya ada 2 dalam kebugaran jasmani bisa berkaitan dengan unjuk kerja dan juga kesehatan, tentunya apabila komponen kebugaran jasmani seseorang bagus bisa dipastikan orang tersebut sehat jika daya tahan jantung ketika memompa darah bagus  paru paru dalam melakukan respirasinya good dan peredaran darahnya lancar. Dilihat dari komposisi tubuh yang proporsional kekuatan daya tahan otot dan kelenturan sendi dan otot.

Komponen Kebugaran jasmani dapan menangkal kemungkinan penyakit degenerative  yang berkaitan dengan kebugaran tubuh seperti sering kelelahn otot dan sendi tanpa aktifitas yang berat, obesitas atau kegemukan bahkan jantung koroner.

4 komponen kebugaran jasmani

Kekuatan / strength

Kekuatan ialah kesanggupan otot untuk melakukan kontraksi yang berfungsi untuk  membankitkan tegangan pada otot terhadap suatu tahanan atau beban. Latihan yang pas untuk melatih kekuatan yaitu mengguakan latihan tahanan resistence execise kekuatan di bagi menjadi 3 unsur yaitu kekuatan maksimal,kekuatan cepat dan kemudian daya tahan kekuatan.

Kekuatan maksimal tenaga atau gaya terbesar yang dimiliki seseorang tenaga tersebut dihasilkan oleh kontraksi otot dan tidak terpaku seberapa cepat gerakan otot tersebut. Contoh ketika kita mengangkat beban yang berat dan kita mengeluarkan kemampuan maksimal kita.

Kekuatan kecepatan atau bias di sebeut power = kekuatan + kecepatan, kemampuan gerakan otot secara maxsimal dalam waktu cepat. Contoh kita memukul stel kock menggunakan raket, mensyouting bola, smash dalam bola voli.

Daya tahan kekuatan atau bahasa kerennya muscule endurance sekelompok otot yang melakukan kontraksi secara continiu sayara terus menerus dengan rentang waktu lama.  Contoh sit wall, renang pengunaan otot yang terus menerus.

Kelentukan / flaxsibilitas

Kelentukan atau fleksibilitas kesanggupan gerak dalam cakupan ruang gerak sendi yang sangat luas. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kelentukan flexsibilitas pada setiap tubuh seseseorang diantara ligament, elastisitas, sendi, otot. Yang sering terjadi ketika cidra otot sendi dan ligament dipaksa di gunakan lebih dari ambang batas kemampuannya.

Latiahan kelentukan dapat meminimalisir cedra dengan cara meningkatkan jangkauaan  gerak sendi yang seluasluasnya. Komponen kebugaran jasmani ini yang sering di lupakan oleh cocah para pelatih. Latihan latihan peregangan dengan cara melakukan gerkan otot semaksimal mungkin dengan perlahan dan dilakukan dengan benar. Sendi sendi yang dapat di latih persedian pada bagian leher, bahu, pergelangan tangan, dan juga otot seperti otot dada, punggung, perut, pantat, paha bagian depan dan belakang, persendian lutut, otot betis pergelangan kaki.

Ada 2 prinsip dalam latiahn kelentukan atau fleksibilitas yang pertama meregangkan persendian dan mengulur sekelompok otot. Komponen kebugaran jasmani  kelentukan ini juga mendukung untuk meningkatkan keterampilan gerak kekuatan kecepatan serta kordinasi. 3 Metode yang sering digunakan.

Peregangan statis aplikasinya melakukan gerakan sendiri secara mandiri tanpa ada orang lain yang membantu gerakan nya diam kemudian di tahan beberapa detik.

Peregangan diamis aplikasinya mengerakan tubuh secra ritmis atau ada gerakan dan dilakukan berulang ulang peregangan dinamis merupakan keterbalikannya dari peregangan setatis dan biasa juga di sebut  peregangan balistik.

PNF ( PROFRIOSEPTIK NEUROMUSCULAR FASILITATION ) pereggangan kontraksi menurut hasil penelitan peregangan ini lah yang paling jitu guna meingkatkan kelentukan. Cara yang dapt dilakukan otot yang akan dilatih diregangkan otot yang akan di latih berkontraksi kemudian di regangkan oleh teman lakukan selama 6 detik. Kemudian dilemaskan lagi selama 6 detik.

Kecepatan Gerak

Kecepatan gerak  ialah kecepatan berkontraksi yang mencakup kapasitas gerak yang mencakup beberapa otot dan juga system pengungkit tubuh yang di lakukan secepat ( kecepatan maxsimal  yang setingi tinginya )  di gunakan untuk melawan suatu tahanan yang berbeda beda.

Ditinjau dari hukum fisika yang dapat di hitung mengunakan rumus :

Kecepatan = Jarak tempuh / waktu tempuh

Ada beberpa hal yang mendukung kecepatan gerak yang pertama kecepatan maksimal, kelincahan agility dan aksi reaksi quicknees. Jika ketiga komponen tersebut terpenuhi dengan baik dapat membuat dampak yang signifikan

Kecepatan maksimal adalah kecepatan gerak untuk menghabiskan jarak tempuh dengan menyelesaikan waktu sesingkat mungkin. Contoh dari peningkatan gerakan  kecepatan dengan memperpanjang langkah dan frekwensi langkah.

Agility adalah agilitiy atau kelincahan kesangupan tubuh untuk merubah tujuan arah secar cepat ketika bergerak tanpa kehilangan keseimbangan tubuh.  Kelincahan dapat dilatih dengan cara shuttle run, boomerang run, lari zig – zag.

Quickness adalah kecepatan gerak yang didalamnya mencakup waktu ketika terjadi rangsangan perintah contoh yang biasa kita ambil ketika ada aba aba bersedia siap ya atau suara pistol start hingga terjadi kontraksi pertama pada otot.

Sekema gerak kecepatan reaksi pada komponen kebugaran jasmani

Telinga mata kulit sebagai rangsangan reseptor -> system saraf pusat -> melepaskan siyal perintah -> diteruskan perintah ke otot -> otot terangsang untuk bergerak

Ada berapa factor yang dapat mningkatkan kecepatan diantaranya mengunaakan sinyal, melatih reaksi mempercepat kapasitas gerak, mengatur keseimbangan kecepatan, meningkatkan kecepatan maxsimum kemudian daya tahan kecepatan.

Sebaiknya latihan kecepatan di berikan jika seseorag sudah memiiki daya tahan, kelentukan, dan kekuatan yang cukup

Endurance/ Daya Tahan

Daya tahan adalah kesangupan seseorang untuk melakukan aktifitas dalam waktu yang cukup lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Jika kita berbicara komponen kebugaran jasmani pasti selalu berhubungan daya tahan paru – paru dan jantung artinya pasokan kebutuhan oksigen pada tubuh masih cukup untuk aktifitas gerak yang dilakukan.

Oleh karna itu ketika beraktifitas endurance jantung dan paru – paru tidak akan terakumulasi asam laktat yang berlebih, untuk latihan  komponen kebugaran jasmani maka dari itu latihan yang kita gunakan harus berlangsung lama seperti lari lintas alam, interval trening. Intinya latihan agar memasa tubuh kita untuk bekerja lama.

Komponen kebugaran jasmani merupakan hal sangat penting untuk tubuh, terlebih dalam mencapai sebuah prestasi kesehatan karena dengan memiliki komponen yang kuat maka jasmani akan memiliki kemampuan lebih dalam mencapai berbagai hal yang di inginkan, seperti halnya dalam tenaga, pikiran menjadi lebih mudah terbuka, hal ini akan berpengaruh ada aktifitas.